Posted by: pimbem | August 20, 2008

Asli ga Asli

Hari ini aq ke Ladokgi (lagi). Entah ini udah kunjungan yg keberapa. Sbnrnya udah dr tahun kmrn, dokterku nyaranin buat bikin gigi palsu, tp entahlah, berat sekali rasanya menerima kenyataan kl aq yg msh lajang dan umurnya blm 26 ini (hehehe sok muda banget ya) udah mesti pake sesuatu yg palsu. Fiuhhh… ibu bapak aja engga tuh. Sampe adikku yg paling kecil pernah berseloroh, ”ihh ayuk kyk nenek2, pake gigi palsu…”. Si mas malah lebih serem, tiap aq mbahas ttg gigi palsu, dia akan menirukan nenek2 yg pipinya kempot. Duh… gigi.. gigi.. 😦

Tadi siang aq ketemu Dr. Esqiyanti, seorang prosthodontist, istilah untuk dokter gigi yg mengambil spesialisasi penanganan penggantian satu atau beberapa gigi asli dan jaringannya yg hilang dgn gigi tiruan. Sang dokter yg cantik ini (aq suka bulu matanya yg lentik) baik sekali. Beliau menjelaskan jenis2 gigi palsu, kerugian dan keuntungannya, biayanya, baik banget deh pokoknya. Secara umum, gigi palsu terdiri dari 2 macam; yg lepasan sama yg permanen (fixed, ga dilepas2). Hmm… pilihan kedua sepertinya menarik utk seorang cewek yg kurang telaten seperti aq ini. Biayanya jg ga semahal yg kukira selama ini. But wait a minute, pake yg permanen berarti aq mesti ngorbanin gigi2ku yg msh ada ini buat ditumpangi sm si gigi palsu, sebagai jembatan penopang, dan itu berarti kedua gigi yg msh bagus ini mesti dikikis separuhnya. Duh, serem banget. Enak sih enak krn ga mesti dilepas2, tp mendengar penjelasan dr bu dokter aq lgs ciut. Oke deh bu, yg lepasan aja. Nah, yg lepas ini terdiri dr 3 macem, mulai dr acrylic, frame (kl yg ini pake semacem logam), sama valplast. Ktnya si valplast ini bahannya sangat lentur sehingga menjadi pilihan fave dr pasien si ibu. Secara biaya tentu saja ini yg paling mahal. Untuk kasus kyk gigiku ini, 3 gigi itungannya, dikenakan biaya Rp. 1.100.000. Kl pake yg frame Rp. 700.000 Untunglah kantorku mengganti biaya perawatan gigi sebesar 50% jd ya lumayan, aq cukup membayar separuhnya aja hehehe πŸ™‚ . Hari ini aq hanya mencetak rahang (ato struktur gigi gitu deh) agar sesuai dgn gigi palsu yg akan dibuat. 2 minggu lg gigiku jadi, oh Tuhan, mudah2an adaptasinya ga susah. Amin.

Hari ini jg akhirnya aq bs mbujukin si mas buat ngecek giginya. Setelah melalui oral diagnosis, si mas dianjurin buat menambal 2 giginya yg mulai berlubang. Berdasarkan pengalamanku yg telah bolak balik ke Ladokgi dan menyelami perbedaan antara Kelas VIP dan Kelas Biasa, maka diputuskan untuk menambal gigi di kelas VIP saja, dgn dokter gigi langgananku, Dr Damayanti. Well, pengalaman 2 minggu kmrn ditambal di Kelas Biasa dgn kualitas yg agak mengecewakan, biaya ga lagi menjadi patokan. Memang perbedaan biaya antara 30 – 50 % dirasa cukup mahal, tp jika kualitas dokter dan perawatnya lebih bagus kenapa engga. Di Kelas VIP kt bisa memilih dokter mana yg kt mau, ga perlu mengantri lama, cukup dgn bikin janji. Perawatnya pun udah senior2. Sebagai perbandingan harga:

Kelas Biasa : Oral Diagnosis = Rp. 20.000; Tambal Komposite = Rp. 125.000; Operasi pengambilan gigi bungsu yg tumbuhnya ga normal = kurang lebih 1 jutaan

Kelas VIP : Oral Diagnosis : Rp. 75.000; Tambal Komposite = Rp. 300.000; Operasi pengambilan gigi bungsu yg tumbuhnya ga normal = Rp. 1.750.000

Untuk urusan gigi palsu ini aq lebih memilih di Kelas Biasa krn dr yg kudengar, membuat gigi palsu harganya mahal sekali, bisa 2 jutaan 1 gigi. Waduh kl aq ke VIP, bisa dobel dunk mahalnya. Setalah tanya sana sini dan mbandingin harganya, dgn kualitas bahan yg sama dan harga yg setengahnya, aq mutusin ke yg biasa aja. Ternyata ga ngecewain kok, dokternya keliatan udah senior, dan bisa bikin janji lgs dgn si dokter. Oh iya satu lagi bedanya kelas biasa sm yg VIP. Di kelas biasa kt ga bs ditemeni masuk, si pengantar hanya bisa nunggu di ruang tunggu aja. Sementara di VIP, si pengantar bs ikut menemani masuk dan menyaksikan kegiatan kita. Ngaruh banget loh kl ditungguin, ketika gigi bungsuku dioperasi, rasanya lebih tenang krn ditungguin lgs sm si mas di ruangan bedah.

Oh iya, kmrn aq nyobain ostheo tes gratis di klinik ktr. Dan hasilnya, kadar kalsiumku -1,4. duh, jgn2 gr2 ini gigiku sering bermasalah. Padahal aq udah minum susu dancow+milo tiap pagi. Kl ktnya mas yg meriksain, kl aq kurang olahraga ya sama aja boong soalnya kalsiumnya ga diolah di dalam tubuh mknya ga ngefek. Waduh berarti gerak2 badanku selama 15 menit msh kurang ya πŸ™„

Advertisements

Responses

  1. Hohoho, masalah gigi emang sensitif ya Bu, tapi emang biayanya muahal, makanya sekarang lagi ngelobi direktur klinik tempat saya kerja supaya bisa dapet pelayanan gratis dari poli giginya hehehe maklum klinik yang sedang berkembang,
    salam Silaturahim dari Dieyna

    —Amin. Mudah2an keinginannya tercapai, lumayan banget loh kl bisa gratis, jd ga kepikiran soal biaya lg. Syukur2 kalo fasilitasnya lengkap. Wuih enak banget πŸ˜€

  2. wah….blm pernah pengalaman pk yg palsu gitu …..

    hikmahny..memang mahal harga gigi… πŸ˜€

    —mudah2an ga pernah pake yg serba palsu gini ya, dijaga tuh giginya, kl ada yg berlubang cepat ditambal πŸ™‚

  3. hiihihhi, masih muda kok pake kawat gigi…

    kenapa ya, semua yang berhubungan dengan dokter gigi tuh mahal ?

    —iya nih, msh muda, lajang pula *halah!
    udah pake gigi palsu, duh
    πŸ˜₯

  4. ralat : gigi palsu, bukan kawat gigi, heeee

  5. Ngeri kalo lihat peralatan dokter gigi. Dulu sempat merinding waktu cabut gigi, kapok dah ke dokter gigi…

    —Sebenernya kl kita udah merasa nyaman dgn dokternya, perawatnya, suasananya, dijamin tenang deh. Intinya pasrah aja, pasti ga merinding lg. Hayo sana dicekin giginya πŸ˜†

  6. gigi bungsuku juga tumbuh ga karuan. pas disaranin operasi, aku langsung MENOLAK. ngeriiiiiiii…

    btw dokterku di RS Jakarta juga cantik lho. jadi penasaran, jangan-jangan dokter gigi emang cantik supaya pasiennya ga takut ya :p

    —aduh put, kl numbuhnya ga karuan dan sakit, sebaiknya diangkat aja, kasian loh, apalagi kl numbuhnya miring, gigi yg didepannya lama kelamaan bisa terdorong dan berlubang. Namanya aja operasi tp ga sakit kok, bahkan sesudahnya pun ga seserem yg kubayangin. Padahal aq udah nyiapin bubur instant buat jatah 3 hari tp tnyt keesokannya aq udah maem bakso sm mangga hehehe

  7. dancow ama milo? kok gak anlene to? kan ada anlene yang kemasan langsung tenggak.
    15 menitnya berapa kali setaon??
    Bukannya olahraga baru efektif kalo 30 menit berjalan?

    —ya ya ya.. nanti dicoba minum anlene-mu itu, awas kl aq msh minus 😑

  8. slempitan cerewet, euy

    —cerewet krn lg di tmpt training put, ntar kl dia udah balik ke ktr, gantian kita yg nyerewetin 😈

  9. jangan yg lepasan, ntar lupa ketinggalan di toilet cewe klo pas gosok gigi gmn? iiii..
    yg permanen aja. skalian minta designnya jangan standar..
    km bs request ditambah ukiran, atau tatto πŸ˜€ bentuknya, model gading gajah gitu lg musim!
    coba deh! pasti oke!

    —duh, ditambahin ukiran gitu kr2 harganya jd naik berapa ya πŸ˜•

  10. iiihhh ngeriii tiap omongin gigi, apalagi gigi sakit, berlobang, apalagi ampe operasi pake bedah bedah muluth segala

    — ge ngeri kok mbak, percayakan saja pada ahlinya πŸ˜‰

  11. biar cerewet tapi kan bisa nambahin karakter Λ  di belakang namaku. pengin? operasi gigi dulu…

    —kyknya lambangnya mengingatkan aq kepada si kakek tua yg punya banyak istri πŸ™„

  12. Pake aja sist … daripada ompong πŸ™‚ halah !!

    —hihihi iya, drpd kyk sapi, ompong…

  13. Sekarang minum susu berkalsium…terus setelah doa pagi, jalan-jalan (pura-pura) ke KCK, biar kena panas…..tanpa panas matahari penyerapan kalsiun kurang optimal.

    —wah idenya ibu boleh juga, patut dicoba. Habis doa lgs ke sebelah, muter2 bentar di taman

  14. info bagus nich, udah setahun lalu saya mo pasang gigi, gigi sebelah kanan ilang satu,
    Disinilah adilnya Tuhan, untuk urusan gigi palsu antara orang ganteng dengan jelek gak ada beda nya πŸ˜€

    —gigi yg hilang, geraham terutama, sebaiknya diganti dgn gigi palsu secepatnya krn fungsi mengunyah akan terganggu bila tidak diganti, saluran pencernaan pun akan terganggu krn proses mengunyah yg tidak sempurna.. hehe pengalaman soalnya πŸ™‚

  15. saya pernah berobat ke poliklinik spesialisnya RS M. Husein Palembang…
    hueks.. biayanya kena sampe 600ribu. cuma cabut gigi doang. satu pula…

    habis sudah isi didompet πŸ˜€

    –cabut gigi 600rb? wah mahal sekali. Terakhir aq cabut gigi di Drg. Ketut yg di sebelah Brotherhood KM 3,5 itu loh mbak, cabut gigi sekitar 250rb, dokternya ganteng lg *gubrak!

  16. Klo masalah kalsium dan menanggulangi osteoporosis kmu hrs byk belajar dariku Nyum… gile lu hasil tes kalsium kemaren punyaku paling tinggi +0,6 booooo ( sombong ahhhh)… mantab kan, makanya minum L-Men plus futsal seminggu dua kali dijamin kadar kalsium-mu ga bakal minus… syukur2 kmu mau nyubsidi L-Men ku setengah harga dijamin pahalanya buanyaaaaaaak InsyaAllah masuk surga…gimana Nyum? kwakakaka

    —iya iya.. kamu kan kalsiumnya tinggi krn biasa nyambi jd pemain kuda lumping So, di bagian nelen kapur tulis πŸ˜›

  17. Ah tenang aja deh πŸ˜€

    —yup! mudah2an adaptasinya ga susah. Amin πŸ™‚

  18. Tq infonya, sejak gigi kanan ilang satu cara makan pun beda, lebih cepat :-D, saya pernah dengar dari temen kalau pencernaan terganggu dapat diliat dari bentuk kuku. Kuku yang keriput (bergelombang) tanda pencernaan kurang sempurna, apa bener?

    —waduh kl ttg itu aq kurang tau, tp kl emang bener berarti pencernaanku msh normal dunk krn bentuk kukuku sm sekali ga keriput (bergelombang). Btw semenjak giginya ga komplit aq mulai agak kesusahan mengunyah makanan yg keras, bahkan mangga yg ga begitu matang susah sekali, biar ga kurang serat tiap balik dr ktr aq beli jus buah (paling suka mangga) di blkg ktr. Tinggal dislurrpp slurrpp πŸ˜†

  19. ah gpp, yg lain boleh palsu kok, asal hati tetap sejati.

    sejati, emang bikin bangga!

    —setuju bang!

  20. wah jadi inget pas masa kuliah. Semua permasalahan gigi diberesin ama para mhsiswi cantik FKG Unpad πŸ™‚ Btw, gigi palsu yg dimksud di sini beda sama jaket gigi ya. Kalo jaket gigi gue jgu pasang tuh. Gara2x dulu pas SD jatuh dr sepeda dan gigi depan gue patah.

    —haha beruntung sekali di kampusnya ada poliklinik gigi, dulu di kampusku ga ada. Uhm.. kyknya jaket gigi sm gigi palsu beda deh, jaket gigi berarti gigi aslinya msh utuh tapi dilapisi,kl gigi palsu yaaa berarti gigi lamanya udah ga ada lg 😳

  21. Wah masalah giginya blum kelar ya Da? Gpp pake gigi palsu, ntar juga kalo udah makin tua kan giginya pada tanggal.. jadi ini cuma soal waktunya lebih cepet.. hehehe.
    Btw aku pass blog award ke Ida, cek di blogku ya.. πŸ˜‰

    —huaaaa makasih dhan, aq tersanjug loh πŸ™‚ πŸ™‚

  22. mbak dokter giginya namanya siapa? Dan alamatnya dimana?

  23. Tolong kirimin ke email aku yah mbak…?
    Thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: