Posted by: pimbem | September 15, 2008

2 liters a day!

Aq kurang minum?! Bagoeeesss!!!

Pinggang kiriku sakit, kyk habis nguras bak mandinya gajah. Ini gr2 kurang minum air putih. Selama puasa, ritme minumku jd ga beraturan. Tp kl ritme makan sih tetep hehehe. Knp sih ida kok jd kurang minum? Hbs air putihnya sih, mo satu gelas mo satu galon tetep aja ga ada rasanya, itu2 aja, bosen ah! Pletak!!! *dilempar koin sm yg baca trus kukumpulin buat beli jus mangga :mrgreen:

Kl hari biasa, aq bisa minum 2liter sehari (tuh kan sesuai kesehatan banget), tp kl puasa, entahlah, kesehatanku seperti terabaikan. Tadi pas sahur aq udah maksain banyak minum air putih, hasilnya… wheeew… perutku kembung dan mual2!! Dan beginilah akibatnya kl kurang minum, mendadak dangdut sakit pinggang. Tp sebenernya aq mesti say tengkyu so much ke tuhan, coba, kl aq ga dikasi sakit pinggang kyk gini, aq pasti ga sadar kl udah lalai. Bisa2 penyakit males minumku selama puasa ini kubiarkan saja dan tau2 aq udah terkapar di rumah sakit krn menderita penyakit ginjal. Mending kl lgs pingsan trus tau2 udah di rumah sakit, dikamar vip ditemani suster yg ramah dan tentu saja dokter yg gantengnya ga jauh beda dgn Brad Pitt, lha kl mesti bersakit2 dulu, hiksss jangan sampe ya tuhan.

Last year, papanya hanna (suaminya mbak atun yg ngurusin kosku), tiba2 tergeletak pingsan di kamar mandi pada pagi buta. Mbak atun, sambil terisak2 menelpon kerabatnya yg paling dekat untuk membantu mengangkat suaminya dan mengantarkan ke rumah sakit. Kami, cew2 yg ngekos di kmr atas, ga ada yg berani turun. Ah, kl kupikir2, tega sekali kami ini. Wis, setelah dibw ke RS, papanya Hanna positif menderita penyakit ginjal. Penyebabnya ya apalagi kl kurang minum air putih. Mbak atun bercerita, kl di hari naas itu, bbrp jam sebelum jatuh pingsan, suaminya sudah mengeluh kl bagian perutnya sakit. Di kmr mandi, krn udah ga kuat nahan sakit sang suami pun pingsan. Duh kebayang gmn sakitnya. Kl ktnya papanya Hanna, sakitnya kyk pinggang digebukin sm balok kayu yg besar. Aduh, mbayanginnya bikin merinding.

So, kl ada istilah let’s go green mk aq ga mau kalah. Let’s drink water, 2 liters a day!

Advertisements

Responses

  1. wahhh…..untung ada tulisan mbak Ida
    jadi bs introspeksi dan mulai habis buka nanti kudu rajin minum air putih…….
    pfffuuihhhh, 2 liters a day…….
    berat juga tuh,……tp demi kesehatan
    yo wis ra popo…….lah

    —hayo bang, 2 liter sehari kl dicicil pasti bisa 🙂

  2. Halah….
    penyakit wong kayo itu……
    coz kbanyakan minum yg bewarno

    Mgkn bkn kurang minum Da
    tp encok =))

    :P:P:P

    tetapi punta tetapi
    ternyata pnykt kito samo.. 😀
    sm2 kurang minum

    Piz…

    -AJ-

    —waks! tnyt penyakitnyo samo yo, nah banyak2la minum kak 😛

  3. betul air… air… air… tubuh kita sebagian besar adalah air.

    titip pesen boleh ya, buat yang lewat dan perlu air…
    dukung BLOGER SELAMATKAN BABAKAN SILIWANGI

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/15/bloger-jangan-kalah-dua-kali/

    —otre otre! 🙂

  4. wew….. bener tuch
    wah… harus dibanyak2in minum air putih neh

    —2 liter sehari… only 2 liters!
    *cling

  5. 70% tubuh kita terdiri dari air, dan air bisa menetralisir racun dan membuangnya melalui saluran kencing dan keringat, bayangkan jika air dalam tubuh kita tidak diganti atau diisi tentu sirkulasinya kurang bagus dan kotor. banyak-banyak lah minum air putih walaupun efeknya sering ke kamar kecil.

    Olahraga yang teratur, sampai benar-benar keluar keringat. dan istirahat yang cukup. makan yang bergizi dan sehat serta seimbang.

    setelah dibw ke RS, papanya Hanna positif menderita penyakit ginjal. Penyebabnya ya apalagi kl kurang minum air putih

    begitulah ‘cara’ Alloh mengingatkan…

    —yup, terimakasih ya buat advice-nya 🙂

  6. hehe.. sepertinya saya juga kurang minum pas puasa ini, thanx dah ingetin,
    hmmm… tapi kalo malem emang ga haus, gimana donk, harus dipaksain kali ya…

    —uhhmm… ngajinya dibanyakin kali ya, jd kl tenggorokan kering minumnya jd banyak 🙂

  7. kayaknya km baru-baru ini kasi komen di blognya wulan buat banyak minum deh, Da.
    eh, karena di kantor ga minum jadi ritmenya kacau yaaa

    —whuehehehe.. iya put, kl di ktr tuh enaknya ngambil air bisa sambil relaksasi, ya rileksasi bodi, rileksasi mata juga :mrgreen:

  8. mbak pipi tembem, he9x
    di blog ku kebetulan ada tulisan tentang air putih tuh..baca aja,,

    kusandriadi27.wordpress.com….

    tinggalin jejak di guestbook yoooo..he9x

    kalo saia biasa buka puasa langsung minum 1 botol air mineral..tapi gak langsung,3 teguk berenti,3 teguk berenti,dst…karena sunnah rasul tuh minum gak boleh lebih dari 3 teguk…lebih dari itu yang minum syetan,karena diburu nafsu…

    —baru tau kl minum baiknya ga lebih dr 3 teguk.. makasih ya dek kus 🙂

  9. Banyak-banyaklah minum air putih, minimal 2 liter per hari. Tapi puasa memang kita terasa kurang minum, karena jika kebanyakan minum saat sahur, perut kembung…..bisa diatasi dengan olahraga ringan selama bulan puasa…

    —setuju bu, terimakasih atas tipsnya 🙂

  10. ga ada ya review ttg dampak kalau lebih dari 2 liter gimana ? 😀

    #aku dari sejak tahun 2000 udah membiasakan diri minum 8 gelas air mineral per hari..
    dan memang manfaatnya banyak banget ya..

    —nah, kl ga salah dulu aq pnh baca di forum kl ada kejadian di china dimana seorang ibu minum air putih hampir 8 liter sehari (gubrak!), nah akibatnya si ibu menderita kebutaan. wallahuallam dgn berita tsb, bisa jd beneran bisa jd hoax. aq lupa linknya dimana, ntar kl sempet kucariin ya 🙂

  11. Setuju sekali dengan terapi minum air putih. Sudah banyak buktinya memang bagus untuk kesehatan.
    Tambahan tip : untuk yg usia-usia 40-an keatas sebelum memulai terapi ini harap cek dulu kondisi ginjalnya.Kalau OK silahkan teruskan. Kalau ada masalah dengan ginjalnya justru bisa berakibat fatal, karena ginjal akan mendapat beban yg sangat berat.

    —oooo mesti dicek dulu ya pak, kekuatan ginjal kt. wah baru tau nih, kirain tinggal minum aja.. makasih pak buat tipsnya 🙂

  12. 2 liter itu kira2 seberapa yah?, klo botol agua yg gede itu ada 2 liter gak yah…
    klo selama puasa ini ma sebotol aqua (yg gede) bisa sanggup aku tenggak dlm satu malem…

    —1,5 liter kl aqua yg botol gede.. bisa dihabisin dlm satu malem? wah bagus tuh 😆

  13. Gak perlu air putih kok… yang penting cairan (termasuk kuah sayur, buah, minuman lain) jumlahnya sekitar 2 liter. Kalau dipaksakan dua liter bisa kembung dan gak tidur nyenyak karena kencing2 terus. Lagipula air yang kita munum tidak murni H2O, jadi tidak semua akan diserap oleh tubuh…

    —makasih pak buat infonya 🙂

  14. Betul tubuh kita memang perlu air minimal 2 liter/hari …..
    Jangan samapi kita terkena sakit ginjal …
    Ikuti saran mba IDA ynag manizzz… hehehehe :mrgreen:

    —huaaa senang sekali dibilang manis… makasih mbak 😆

  15. ^
    ^
    ^
    ^

    jieeeeeeee…..wkwwkkkwkwkwkwkkww,,

    —duh nih anak kenapa 😕

  16. air memang sangat penting. sayangnya dalam beberapa tahun kedepan ini kita akan kesulitan air baku, karena seluruh mata air kita mungkin akan terjual/privatisasi, sesuai undang-undang tentang sumberdaya air yang terbaru yang konon diintervensi pihak luar dalam pembuatannya. para hydroloog, gimana ini ?????

    —beneran pak? waduh… mosok mo make air aja mesti beli dulu… duh! 😥

  17. ikutan jieeee,

    sama ikutan komen –> iya nih, gue juga gara2x kurang minum jadi nggak fit bawaan badan. Yah, pokoknya penting banget deh.. Apalagi kalo pas lagi datang ..”tiiiiit”.. tambah-tambah deh rasanya. ;p

    —whuehehe aq pas lg dapet males banget mo minum, mesti ke toilet itu loh yg bikin males 😆

  18. Wah aku termasuk yang ngak suka minum air putih nich…. 😦 kalau minum air putih mau muntah kadang. Semoga pola minumku, air putih plus perasa lemonade bisa membantuku. thanks

    —mgkn kalo disambi gerak2 perasaan mo muntahnya akan hilang mbak, hbs minum bersih2 kmrn misalnya, hbs itu minum lg. mdh2an hilang..

  19. Saya malah kurang minum tiap hari, kalau ramadhan porsinya sama saja … jadinya malah pengen ngompol terus 😀

    —nah, kl mulai bangkit buat rajin minum memang gitu pak yg bikin sebel krn bawaannya jd pengen pipis terus, tp akan hilang setelah bbrp hari.. hehe aq udah pengalaman soalnya

  20. Tambahan tip soal minum meminum, kalau sahur sebaiknya tidak minum kopi, karena kopi mempunhyai efek dehidrasi. Jadi cepet haus

    —hayo buat yg suka minum kopi pas sahur 🙂
    makasih pak roes buat tipsnya.

  21. Just drop the ink…
    Lam kenal aja…

    —salam kenal kembali, makasih ya udah mampir kesini 🙂

  22. Kalau Sahur aku minumnya banyak sekali, pagi2 sampai buang air kecil berkali-kali..hehehehe

    —huaaaa sama.. aq juga 😆

  23. @ Mas IN, sama kejadiannya sama saya. Saking takutnya kurang minum saya minum banyak, pas buka puasa dan sahur.
    Sebelumnya saya sering sakit pinggang karena kurang minum. Males mau bolak-balik berdiri ngambil minum di kantor dan terutama bolak-balik buang air kecilnya. 😀

    —whuaaaa ternyata kt sama juga mbak, paling males kl br pipis eh udah mo pipis lg 😆

  24. aku juga jarnag minum..makasih ya udah di ingetinnn

    —sama2 mbak 🙂

  25. kurang minum air putih juga bisa menyebabkan dehidrasi…….sekarang uah taukan pentingnya air putih buat tubuh kita…makanya minum air putih sebanyak2nya……tar kembung dunk? 🙂

    —yup! 2 liter sehari udah cukup 🙂

  26. kalo let’s go green hrsnya bukan minum water ya, yg cocok mgkin sprite. Ijo gitu lho :mrgreen:

    tp emang bener jg, kebanyakan minum air bikin mual 🙂

    —whuahahaha!!
    awas ga boleh nyebut merk
    :mrgreen:

  27. dua galon sehari?
    jangan takut kebanyakan minum, klo kita udah muntah2 baru itu tandanya kita kebanyakan minum. klo blom muntah2 ya…. belumkebanyakan minum.
    LOL

    —what? 2 galon sehari? bisa kembung beneran bro 😯

  28. asal abang lg minum air banyak2 di rumah,
    kok selalu teringat sm postingan ini ya ?

    *teringat postingan loh, sure ! kl dibilang ingat sm mbak ida, kan takut ditimpuk sm cow nya yg soleh & ngganteng itu*

    —alhamdulillah kl mosting di blog bs ngingetin tmn2 yg mbaca 🙂

  29. mau tidur minum air putih bagus tuch 🙂

    —iya, semuanya yg berhubungan dgn air putih memang bagus kok 😆

  30. Pas puasa ahamdulillah aku minum tetap seperti hari biasa, malah makan yg brkurang…memang minum cukup air putih itu penting…

    —alhamdulillah kl gitu, senang mendengarnya 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: